Cara Mendapatkan Materi TOEFL Gratis dan Berkualitas

www.englishcounter.id-Pembahasan kali ini akan membeberkan cara mendapatkan materi TOEFL berkualitas secara gratis dan mudah ditemukan di sekitar.

Berapa banyak biaya yang kamu keluarkan untuk mendapatkan materi TOEFL berkualitas?

Ratusan ribu? Atau mungkinkah jutaan rupiah?

Kalau admin sih gratis, bahkan beberapa materi ada di sekitar dan mudah untuk admin dapatkan. Cukup dengan modal smartphone dan wifi saja.

(Artikel Terkait : Cara Meningkatkan Nilai TOEFL Dengan Cepat Tanpa Kursus)

Dengan cara seperti ini admin mendapatkan skor TOEFL di atas 500 pada saat masih menjadi mahasiswa baru. Kalau skor yang sekarang? Rahasia.

Tidak percaya?

Mari admin beri tahu caranya.

Cara Mendapatkan Materi TOEFL Gratis dan Berkualitas


4 Poin Penting Dalam Materi TOEFL



Di tahun 2017 ini, mendapatkan materi premium gratis dan berkualitas merupakan hal yang sangat mudah. Cuma, kita sering tidak sadar dan lebih menyukai cara yang instan saja. Padahal, mie instan saja dimasak dulu kan sebelum dimakan?

Disadari atau tidak, tes TOEFL itu sebenarnya tidak sesulit yang dikira asalkan kita terbiasa dengan beberapa hal, yaitu:
  1. Susunan kalimat dan gaya bahasa native speaker. Hal yang seringkali membuat kita gagal dalam TOEFL adalah, kalimat-kalimat yang terdapat pada soal benar-benar berbeda dengan yang selama ini kita pelajari. Jika kita terbiasa, maka hal ini berguna sekali untuk tes di bagian structure. 
  2. Pronunciation native speaker. Jika saat belajar bahasa Inggris kita terbiasa untuk mendengar pronunciation yang bukan amerika, maka saat tes yang kita dengar adalah pronunciation yang sangat american. Jika kita sering mendengarkan american accent maka akan sangat berguna untuk listening section. 
  3. Vocabulary yang sering digunakan native speaker. Teman-teman pasti sering menemukan bahwa di dalam soal terdapat istilah-istilah atau kata-kata tertentu yang samasekali tidak kita ketahui dan di luar dugaan. Yap, itulah kenapa memperkaya vocabulary sangatlah penting. 
  4. Bahan bacaan yang sering digunakan oleh native speaker. Nah inilah salah satu momok dalam tes TOEFL, yaitu reading section yang benar-benar liar biasa sulitnya. Padahal, jika sudah terbiasa akan sangat mudah mengerjakannya.
Baiklah, mari kita urai satu per satu apa yang harus dilakukan agar mendapatkan materi premium gratis dan berkualitas.


1. Materi TOEFL - Vocabulary


Pertama, seperti yang sudah admin singgung di atas, untuk meningkatkan kemampuan kita dalam hal vocabulary dan structure, maka cara yang termudah adalah dengan membaca koran online terbitan luar negeri. Misalnya daily mail, new york times, dsb. Cukup dengan menggunakan smartphone kita.

Bagaimana?

Sudah mencoba?

Pusing?

Masih ingat tips nomor 3 di artikel sebelumnya? Kalau belum, baca lagi di sini.

Nah, sama halnya dengan tips nomor 3, maka kita akan mengulangi langkah-langkah yang sama. Sedikit demi sedikit dahulu dan lama-lama jadi bukit. Misalnya nih, hari ini satu kalimat, lalu 2 hari berikutnya 2 kalimat. Thats good, daripada tidak samasekali. Dengan cara ini, kita terbiasa dengan structure maupun gaya penulisan native speaker.

(Baca juga : Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Untuk Kamu Yang Sulit Menghafal)

Cuma ditambah lagi, yaitu cobalah untuk mencari sinonim dan antonim dari kata-kata yang sulit itu. Setelah itu cobalah untuk membuat satu kalimat dengan kata-kata yang sulit tersebut. Sedikit demi sedikit saja, namun teratur dan konsisten. Dengan begitu vocabulary kita akan bertambah.


2. Materi TOEFL - Listening


Kedua, mengenai pronunciation native speaker, sebenarnya untuk langkah-langkahnya sama saja dengan tips nomor 2 di artikel sebelumnya. Hanya bedanya adalah, teman-teman usahakan untuk mencari video ataupun audio yang berisi mengenai penjelasan suatu hal di bidang tertentu, entah itu mengenai sains, seni, sejarah, sosial, ekonomi, astronomi, politik dsb.
Loh kok banyak sekali?

Yap, dari pengalaman admin mengikuti tes TOEFL dari ETS, materi listening biasanya diambil dari hal-hal yang sifatnya akademis atau materi lain yang dikemas secara akademis. Kalau boleh admin gambarkan, rasanya yah seperti saat kita sedang mendengarkan lecturing atau ceramah dari dosen.

Kenapa?

Karena listening section ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana nantinya peserta tes dapat beradaptasi dengan keadaan yang ada di negara native speaker. Oleh karena itu, kita tidak hanya dituntut untuk memahami kata-kata yang sifatnya tidak baku atau informal saja, melainkan kata-kata yang bersifat baku alias formal.

(Baca juga : Surat Cinta Untuk Kamu Yang Putus Asa Belajar Bahasa Inggris)

For your information yah, seperti halnya bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga mengenal soal politeness alias kesopanan.


3. Materi TOEFL - Reading


Ketiga, sebagai bahan bacaan untuk reading, maka admin sarankan untuk mencari ulasan tertentu mengenai suatu hal di suatu bidang, entah itu mengenai sains, seni, sejarah, sosial, ekonomi, astronomi, politik dsb. Silahkan cari jurnal internasional atau buku yang bisa di download secara gratis.

Caranya mudah, cukup dengan mengetik kata kunci seperti di bawah ini.

"free + international journal of + nama bidang keilmuan/topik + pdf"

Atau kita ingin cari yang terbitan terbaru maka cukup tambahkan kata recent. Sebagai catatan, jika ingin mendownload buku maka tinggal ganti kata journal dengan book.

"nama bidang keilmuan/topik + recent + research and journal + pdf + free"

Untuk langkah-langkahnya, sama dengan tips nomor 3 di artikel sebelumnya, namun ada beberapa hal lain yang harus kita gali dan temukan.

Untuk kali ini, yang paling kita cari adalah kata-kata kunci atau istilah-istilah yang dipakai dalam suatu bidang tertentu. Jika kita mengetahui kata-kata tersebut, maka salah penafsiran dapat dikurangi dan akan meningkatkan skor TOEFL.

Hal ini berkaitan dengan teknik skimming alias membaca cepat yang biasa dilakukan dalam mengerjakan suatu soal reading text. Kalau teknik admin sih berfokus kepada istilah-istilah tertentu yang admin kenali. Bukan berarti tanpa membaca yah, namun akan mempermudah kita dalam mengenali topik yang sedang dibahas dan ke mana arah pembahasannya.

Selain itu, dengan membaca karya-karya ilmiah suatu bidang tertentu, maka saat menjawab soal reading akan lebih mudah. Kenapa? Karena kita telah memiliki background knowledge alias pengetahuan dasar. Dengan catatan apabila soal yang diujikan cocok dengan pengetahuan dasar kita.

(Baca juga : 4 Tips Rahasia Cara Menulis Essay Bahasa Inggris)

Baiklah, sekian dari admin untuk pembahasan hari ini mengenai tips cara sederhana dan efektif yang admin lakukan dalam meningkatkan skor TOEFL tanpa harus membuat diri kira menderita. Jangan lupa untuk share dan ajak teman-teman yang kesulitan dalam memahami pelajaran bahasa Inggris untuk mengikuti terus materi-materi yang akan admin bahas di postingan selanjutnya. Terima kasih.

Oh iya, sebagai catatan, mohon untuk cantumkan link aktif menuju ke artikel atau blog www.englishcounter.id. apabila postingan yang diterbitkan ini digunakan sebagai rujukan. Hal yang sama juga berlaku untuk materi lainnya pada blog ini. Admin akan sangat mengapresiasi hal tersebut.

Selain itu, admin juga berpesan jangan asal copy paste tanpa mencantumkan link aktif karena tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai plagiarisme.

Terima kasih.

Cara Mendapatkan Materi TOEFL Gratis dan Berkualitas
  1. Wah, bagusss banget infonya, noted nih.kebetulan ada temen yang cari kemarin sampai mau beli bukunya yang setebal gunung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak, terima kasih. Silahkan dishare saja mbak :)

      Hapus
  2. Saya termasuk lemah dalam bahasa inggris, kalau biasanya matematika, ekonomi atau pelajaran lain bisa belajar secara otodidak, klo bahasa inggris benar2 gk bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya gunakan metode belajar lain seperti speaking dahulu baru menulis. Jadi komunikasi lisan dulu baru tulisan.

      Hapus