Surat Undangan Dalam Bahasa Inggris - Cara Membuat dan Tips Lengkapnya

www.englishcounter.id kali ini akan membahas salah satu materi yang sering dibahas dan diujikan pada suatu tes, yaitu invitation.

Pernahkah teman-teman diminta untuk membuat undangan dalam bahasa Inggris? Mungkin sudah ada yang pernah dan mungkin juga ada yang belum pernah. Ataupun, masih juga bingung untuk membuatnya.

Pada dasarnya membuat invitation itu kadang bisa gampang namun kadang juga bisa menjadi sangat sulit. Ya itu sih tergantung invitation dalam hal apa dan ditujukan kepada siapa.

Kan jadinya aneh kalau kita mengundang orang yang dianggap terhormat dengan bahasa yang tidak sopan dsb. Begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, admin rasa perlu untuk membahas materi invitation pada kesempatan kali ini.


Surat Undangan Dalam Bahasa Inggris - Cara Membuat dan Tips Lengkapnya


Apa sih invitation itu?


Well, bagi kamu yang belum tahu, invitation itu adalah undangan. Wait, lah ya jelas dong undangan, kan invitation artinya undangan. Kalau invitation letter artinya adalah surat undangan. Betul tidak?

Invitation itu sendiri juga bisa diartikan sebagai permintaan formal dari seseorang kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. Berarti dalam konteks ini invitation merupakan suatu ajakan. Nah ajakan untuk apa? Tentu saja bisa bermacam-macam ajakannya.

(Baca juga : 4 Tips Rahasia Cara Menulis Essay Bahasa Inggris)

Ada begitu banyak jenis undangan di dunia ini, khususnya di Indonesia. Undangan pernikahan, undangan acara khitanan, undangan acara dangdutan, undangan acara perayaan keagamaan, undangan rapat komite untuk orang tua atau wali murid, undangan untuk tes kerja, undangan untuk review film, dsb.

By the way, yang diundang ke pernikahan mantannya jangan baper ya. Itu cuma contoh invitation kok.


Apa saja sih hal dasar dalam pembuatannya?



Semua Hal Penting Dalam Membuat Surat Undangan Bahasa Inggris Alias Invitation Yang Harus Kamu Tahu


Well, pada dasarnya invitation itu ada yang bersifat personal alias pribadi dan adapula yang bersifat formal.

Secara umum, struktur undangan yang personal dan formal itu mirip, namun yang paling membedakan adalah pilihan kata yang digunakan dan gaya bahasanya.

Kalau undangan yang bersifat personal itu biasanya menggunakan bahasa yang tidak terlalu baku dan cenderung santai, sementara undangan formal menggunakan bahasa yang sopan, baku, dan tertata dengan baik.

(Baca juga : Cara Membuat dan Contoh Wedding Invitation Dalam Beragam Style)
Oleh karena itu, dalam mengundang seseorang, tentu saja sudah ada beberapa elemen dasar invitation yang biasanya ada dan bahkan menjadi wajib untuk dicantumkan. Apa saja itu? Mari kita cek satu per satu.

Tanggal pembuatan invitation. Tahukah kamu bahwa tanggal pembuatan invitation itu ternyata penting untuk dicantumkan. Dalam beberapa jenis invitation terutama yang bersifat formal dan berbentuk surat, tanggal invitation memberikan informasi kapan suatu invitation itu dibuat.

Jadi, kita bisa tahu apabila suatu invitation itu apakah sudah lama dibuat atau baru saja dibuat. Makanya, dalam suatu sistem administrasi seperti administrasi suatu perusahaan atau organisasi, tidak hanya tanggal pembuatan invitation yang dicantumkan melainkan juga nomor surat dan bahkan kode-kode tertentu lainnya.

Penerima invitation. Untuk poin ini sudah sangat jelas dan bersifat umum. Artinya adalah semua invitation itu, sebaiknya mencantumkan penerima invitationnya. Namun, salah satu hal yang tak jarang admin temui adalah kosongnya nama penerima dengan alasan bahwa yang diundang sudah pasti paham.

Saran admin adalah, tolong tetap cantumkan dengan jelas siapa penerimanya, terlebih lagi jika undangan itu bersifat formal. Jangan lupa untuk tulis dengan benar dan lengkap nama ataupun gelar kehormatan, gelar pendidikan, dan inisial tertentu karena tidak jarang ada banyak nama yang sama.

Jangan lupa pula cantumkan alamat si penerima dengan jelas

Isi dari invitation. Ada beberapa hal penting dari isi invitation yang harus diperhatikan dalam pembuatannya. Isi invitation harus bisa menjelaskan dengan jelas tujuan invitation tersebut. Jika itu acara ulang tahun maka sebutkan bahwa itu adalah acara ulang tahun, dsb.

Kemudian, cantumkan dengan jelas minimal tempat, waktu, dan tanggal acaranya. Untuk tempat, silahkan cantumkan secara detail infromaso lokasinya. Lalu untuk waktu, jangan sampai salah membedakan antara AM dan PM. Terakhir, jangan lupa periksa kalender agar tidak salah menulis tanggal acaranya.

Pemberi invitation. Jika ada yang menerima undangan, maka pastilah ada yang mengundang. Kalau tidak dicantumkan siapa yang mengundang sih ya berarti jadi undangan misterius dong.

Cantumkan dengan jelas siapa yang mengundang dari suatu invitation. Dengan begitu, kita bisa mengonfirmasinya.


Masih ada nggak sih hal lain yang harus diperhatikan?


Semua Hal Penting Dalam Membuat Surat Undangan Bahasa Inggris Alias Invitation Yang Harus Kamu Tahu


Selain dari beberapa poin di atas yang sudah admin sebutkan. Ternyata masih ada hal lain yang mendasar dan penting untuk diperhatikan dalam membuat invitation letter. Simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Dress code untuk acaranya. Jika memang diperlukan untuk kenyamanan acara, sebaiknya dress code harus disampaikan secara detail agar suasana acara tetap terjaga dan sesuai dengan yang diinginkan.

Misalnya, untuk acara keagamaan, pakaian harus yang sopan, memiliki warna tertentu, untuk yang pria memakai kemeja lengan panjang dan memakai celana panjang, lalu untuk wanita memakai rok panjang, tidak boleh memakai jeans ketat, pakaian ketat, rok mini, dsb.

Jangan sampai kita lupa mencantumkan dan membuat yang diundang merasa malu karena memakai pakaian yang tidak sesuai alias salah kostum.

Proof reading dulu, kirim undangan kemudian. Dalam menulis invitation dengan bahasa apapun dan jenis apapun, proof reading itu sangat diperlukan guna mengoreksi kesalahan pengetikan, kesalahan pengejaan, maupun tata bahasa dari suatu kalimat.

Hal ini juga berguna untuk mencari tahu hal-hal yang mungkin terlewatkan ataupun belum kamu tulis dalam penyusunan invitation.

Tenses yang dipakai dan ketentuan soal gifts. Dalam menyusun invitation, tenses yang digunakan adalah present tense dan future tense.  Lalu, jangan gunakan singkatan-singkatan alias abbrevation supaya enak dibaca. Terakhir, silahkan cantumkan apakah kamu menerima hadiah atau tidak.

Tidak jarang suatu acara itu tidak menerima hadiah dalam bentuk apapun. Hal ini mungkin berkaitan dengan posisi si pemberi undangan dan Undang-Undang yang berlaku. Misalnya, pemberian hadiah ataupun parcel pada saat acara dapat dikategorikan sebagai gratifikasi.

(Baca juga : Pengertian dan Contoh Rumus Grammar Simple Present Tense)

Baiklah, sekian dari admin untuk pembahasan hari ini. Jangan lupa untuk share dan ajak teman-teman yang kesulitan dalam memahami pelajaran bahasa Inggris untuk mengikuti terus materi-materi yang akan admin bahas di postingan selanjutnya. Terima kasih.

Oh iya, sebagai catatan, mohon untuk cantumkan link aktif menuju ke artikel atau blog www.englishcounter.id. apabila postingan yang diterbitkan ini digunakan sebagai rujukan. Hal yang sama juga berlaku untuk materi lainnya pada blog ini. Admin akan sangat mengapresiasi hal tersebut.

Selain itu, admin juga berpesan jangan asal copy paste tanpa mencantumkan link aktif karena tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai plagiarisme.

Terima kasih.

Surat Undangan Dalam Bahasa Inggris - Cara Membuat dan Tips Lengkapnya