Surat Cinta Untuk Kamu Yang Putus Asa Belajar Bahasa Inggris

www.englishcounter.id-Saat kamu membuka postingan ini, maka admin bisa pastikan ada 3 hal yang membuat kalian mau membaca postingan ini.

Pertama, kalian memang sedang putus asa dalam belajar bahasa Inggris dan ingin tahu jalan keluarnya.

Kedua, kalian tidak putus asa samasekali tetapi ingin tahu apa isi postingan ini.

Terakhir, kalian tidak putus asa dan tidak ingin tahu, tapi seseorang yang kalian kasihi sedang gundah gulana putus asa saat ini dan kalian ingin mencarikan suatu artikel yang bermanfaat untuk dia.

Tolong minta dia baca artikel ini, atau share lalu tandai dia.

Ada beberapa hal yang sering admin temui dari orang-orang yang putus asa dalam belajar bahasa Inggris. By the way, ini hanya pendapat admin. Mohon maaf jika dirasa tidak tepat. Well, mari simak satu per satu.

tips belajar bahasa Inggris


Motivasi belajar bahasa Inggris


Menurut admin pribadi, hanya ada dua tipe orang yang belajar bahasa Inggris. Pertama, dia yang belajar agar nilai skornya semakin meningkat. Entah itu nilai ulangan, laporan hasil belajar, maupun TOEFL sebagai syarat suatu hal. Bisa untuk lanjut S2 maupun suatu posisi dalam pekerjaan.

Kedua, dia yang memang ingin bisa berbahasa Inggris dan sebisa mungkin dapat menggunakannya secara aktif maupun pasif. Target dia sederhana, yang penting bisa talking-talkking dan texting-texting in English.

Coba amati, antara dia yang belajar untuk meningkatkan nilai dan dia yang belajar agar bisa digunakan untuk komunikasi, manakah yang lebih cepat putus asa saat menemui masalah?

Kalau admin pribadi sih yang orang pertama. Kenapa?

Mohon dicatat, stress timbul karena ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan. Sementara putus asa timbul dari akumulasi stress yang sudah tidak tertahan lagi dan tidak mampu mencari jalan keluarnya.

Bagi seseorang yang belajar bahasa Inggris karena mengejar target nilai, maka skill menghafal tingkat profesional benar-benar dibutuhkan karena ada deadline waktu sebelum ujian. Jadi mau tidak mau harus mampu mengatur waktu dan menetapkan target yang relatif tinggi.

Bagaimana dengan yang sulit menghafal? Saran admin gantilah motivasi belajar saat ini dan coba kejar target orang yang kedua tadi.

Mau tahu cara belajar bahasa Inggris yang ringan namun efektif dalam meraih skor tinggi bahasa Inggris ? Silahkan simak tips meningkatkan skor TOEFL tanpa kursus.



Suka salah cara belajar


Salah satu hal yang sering admin temui dalam kehidupan sehari-hari adalah, adanya suatu persepsi bahwa bahasa Inggris itu adalah pelajaran yang mana kita hanya perlu menghapal banyak hal, sama seperti pelajaran lainnya.

Tidak ada yang salah dengan hal itu, karena bentuk ujian yang umum diujikan adalah paper based test, yang mana tes ini biasanya diujikan pada kemampuan membaca dan menulis alias reading and writing skills.

Namun, imbasnya adalah saat kita harus bertemu kondisi di mana perlu kemampuan lebih selain hanya membaca ataupun menulis, yaitu kemampuan berbicara dan mendengar atau speaking and listening skills.

Lalu, apa yang terjadi?

Tentu saja saat kita mengikuti oral test atau berinteraksi dengan orang yang berbahasa Inggris aktif akan terasa sulit. Pada posisi tersebut, kita suka bingung dengan apa yang diucapkan, meskipun kita sering melihat tulisannya. Ataupun, kita paham dengan apa yang kita dengar namun kesulitan saat memberikan respon dengan cara berbicara.

Salah persepsi ini seringkali mengakar dan imbasnya adalah selalu mencari cara cepat belajar bahasa Inggris dengan harapan dapat menemukan metode instan untuk dapat menguasai bahasa Inggris. Padahal, mie instan saja pun harus dimasak terlebih dahulu kan?

Semua itu ada prosesnya, meskipun yang instan sekalipun.

By the way, mau tahu cara cepatnya? Silahkan baca cara cepat belajar bahasa Inggris.


Media belajar yang membosankan


Salah satu hal yang admin temukan adalah, saat media belajar membosankan dan tidak variatif maka pelajaran pun terasa sangat membosankan.
Bagi sebagian orang, belajar hanya dengan mengandalkan penjelasan tutor atau guru dengan coretan-coretan di papan tulis terasa membingungkan, terutama jika orang tersebut memiliki cara belajar audio visual yang mana materi pelajaran harus dibuat dengan menarik.

Masalahnya, hal yang semacam itu sulit untuk didapat. Butuh sumberdaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan materi bahasa Inggris berkualitas.

Itu dulu, sekarang beda.

Saat ini, ada banyak materi-materi berkualitas yang bisa kita dapat dengan mudah dan bahkan gratis. Tidak semua, namun ada beberapa yang memang gratis.

Tidak percaya? Coba praktekkan cara mendapatkan materi bahasa Inggris berkualitas secara gratis.

Selain itu, membaca quotes atau kata bijak dalam bahasa Inggris bisa memperkaya vocabulary. Tapi tentu saja dengan tampilan yang menarik, sehingga tidak terasa membosankan. Gambar quotes yang menarik pun juga bisa dijadikan foto profil akun sosial media kita atau kita share ke teman-teman kita saat chat.

Baiklah, sekian dari admin untuk pembahasan hari ini mengenai surat cinta untuk kamu yang putus asa belajar bahasa Inggris. Jangan lupa untuk share dan ajak teman-teman yang kesulitan dalam memahami pelajaran bahasa Inggris untuk mengikuti terus materi-materi yang akan admin bahas di postingan selanjutnya. Terima kasih.

Oh iya, sebagai catatan, mohon untuk cantumkan link aktif menuju ke artikel atau blog www.englishcounter.id. apabila postingan yang diterbitkan ini digunakan sebagai rujukan. Hal yang sama juga berlaku untuk materi lainnya pada blog ini. Admin akan sangat mengapresiasi hal tersebut.

Selain itu, admin juga berpesan jangan asal copy paste tanpa mencantumkan link aktif karena tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai plagiarisme.
Terima kasih.

Surat Cinta Untuk Kamu Yang Putus Asa Belajar Bahasa Inggris
  1. Halo Mas Alex, artikelnya menarik dan mengingatkan saya dengan perjalanan awal belajar bahasa Inggris. Susahnya karena ngga bisa praktek ngomong tapi asalkan ada keinginan untuk mencoba maka kita pun pasti akhirnya bakal bisa. Termasuk ngomong sendiri kalo perlu, haha... Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga mas, terima kasih. Iya mas, memang harus selalu latihan dan latihan supaya lancar. Salam

      Hapus
  2. klo ngomongin bahasa inggri suka sedih pas Sma privat pas uda kerja kursus tp tetap saya belet bgt ngomong cas cis cus. hingga satu hari saya dpt tlp dari luar untungnya orang malaysia tp dia jg tak pandai indonesia makanya pke inggris ealah kita bedua abisin pulsa tlp bengkak soalnya saya ga bisa ngomong pdhl ngerti maksudnya 😂🤣 entahlah mgkn cara saya belajar yg salah saat ini si saya bljr inggri dg nonton film text inggris meski klo ngomong masinbelepotan tp ada kemajuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa dipahami masalahnya. Sebaiknya memang tahapan belajar bahasa itu mendengarkan, berbicara, membaca, baru deh menulis.

      Hapus