Kupas Tuntas Secara Mendalam Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

www.englishcounter.id-Kalau teman-teman ternyata sudah lama belajar bahasa Inggris namun masih juga sulit berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara lisan, ataupun pernah benar-benar kesulitan saat mempelajarinya, maka hari admin akan sedikit membahas sedikit permasalahan kenapa sulit sekali untuk menguasai bahasa Inggris padahal sudah bertahun-bertahun mempelajarinya.

Sebelum membaca postingan ini lebih lanjut, ada beberapa hal yang akan admin tanyakan.

Sudah berapa lama sih belajar bahasa Inggris?

Sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara lisan?

Pernah tidak merasa benar-benar putus asa dalam belajar bahasa Inggris?

(Artikel Terkait : Surat Cinta Untuk Kamu Yang Putus Asa Belajar Bahasa Inggris )

Jadi ini untuk teman-teman yang kesulitan loh, kalau untuk teman-teman yang sudah lancar berbahasa Inggris sih sepertinya cara mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula kali ini tidak terlalu penting.

Oh iya, karena isi artikel Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak bakal sangat membantu kamu, maka tolong baca sampai akhir ya.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula





1. Speaking First, Writing Later


Sebelumnya admin mau tanya, biasanya kalian belajar talking-talking in English dulu atau langsung menulis?
Maksudnya adalah, teman-teman itu belajar berbicara menggunakan bahasa Inggris lebih dulu atau menulis menggunakan Inggris lebih dulu. Kalau belajarnya mulai dari menulis menggunakan Inggris dahulu, misalnya menulis kalimat, belajar grammar, dsb. maka admin sarankan untuk mulai segera belajar berbicara menggunakan bahasa Inggris lebih dahulu.

Loh bukannya lebih susah kalau langsung berbicara dalam bahasa Inggris?

Yakin lebih susah? Sudah coba? Well, mungkin bagi sebagian orang untuk langsung berbicara dalam bahasa Inggris merupakan kesulitan yang luar biasa. Mungkin di antara teman-teman pernah sangat gugup saat ingin berbicara, padahal yang diucapkan hanya sedikit, ya kan?

Padahal ini juga merupakan cara cepat belajar conversation bahasa Inggris untuk pemula loh.

Tahukah teman-teman bahwa anak-anak English native speaker (red: orang bule) pun membuat kesalahan-kesalahan saat belajar berbicara. Jangan dikira mereka bisa berbicara bahasa Inggris sejak lahir.

"Bahasa seorang anak tidak ditentukan berdasarkan genetis orang tua, melainkan terbentuk pada lingkungan di mana dia dibesarkan (David Crystal)"

Coba deh perhatikan balita ataupun anak-anak kecil di sekitar kita saat mereka diajari berbicara oleh orang tuanya. Pasti mulai dari kata-kata sederhana kan, misalnya kata makan, minum, apa, mau apa, senyum dong, mana giginya, dsb.

(Baca juga : 4 Tips Rahasia Cara Menulis Essay Bahasa Inggris)

Yup, proses belajar anak-anak bule pun sama saja. Mereka melalui proses seperti itu. Ada salah ucap, salah memahami, salah tata bahasa dsb. Yang membedakan hanya bahasa yang digunakan.

Dalam perkembangan kemampuan berbahasa mereka, lingkungan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi. Di lingkungan yang lebih besar dari keluarga, ada banyak kosakata baru yang mereka temukan, pahami, dan serap, lalu digunakan. Makanya, hati-hati saat berbicara di depan anak-anak.


2. Be Confident


Untuk tahap awal, sebaiknya teman-teman mulai membiasakan diri untuk mengucapkan satu atau dua kalimat dalam bahasa Inggris untuk hal-hal yang simple. Jangan terlalu rumit dan membingungkan. Eits, tapi boleh kok hanya satu atau dua kosa kata bahasa Inggris. No problemo.
Berikut admin beri contoh percakapan admin dengan seseorang. A itu admin dan B itu teman bicara admin. Simak yah.

A: What is your name?
B : I am Dudung.
A : What are you doing?
B : Drawing drawing mister.
A: Loh kok lagi belajar malah drawing drawing?
B : Sick mister sick. Kepala sick jadi drawing drawing.
A : Boleh lihat?
B : Ini mister.
A : Is it Ace? Is it Corazon? Is it Luffy?
B : Yesssss mister yeeessss. I like luffy.
A : Where did you learn drawing?
B : Apa mister?
A : Belajar di mana kamu nggambarnya?
B : Oooo Belajar sendiri. Drawing nya I learn alone mister.
A : Do you mean autodidact?
B : Yessss yesss.... Ya itu mister.. Otodidak.

Di atas adalah contoh bagaimana seorang murid admin berusaha untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Mungkin saat membaca dialog di atas, teman teman akan tertawa dan berpikir ah memalukan sekali kalau salah, ah bakal ditertawakan teman-teman, dsb.

Namun, jangan salah loh. Hal di atas tersebut merupakan cara mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula.

So.....

Jangan khawatir.

Jangan malu.

Jangan takut salah.

Tahu kah teman-teman bahwa salah satu faktor kegagalan seseorang untuk berbicara dalam bahasa Inggris adalah rasa tidak percaya diri yang terlalu berlebihan.

(Baca juga : Strategi Meningkatkan Skor TOEFL Secara Signifikan)

Sementara faktor yang lain adalah rasa khawatir mengenai penilaian orang lain terhadap kita. Padahal tujuan kita bersusah payah belajar bahasa Inggris adalah untuk berkomunikasi bukan?

Kita bisa mulai dengan cara cepat belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Caranya?

Carilah teman berbicara yang bisa mengoreksi saat teman-teman salah bicara. Kalau tidak ada ya tidak apa-apa, yang penting percaya diri dulu.

Usahakan teman berbicara teman-teman itu seorang wanita, kenapa? karena wanita tidak pernah salah. Eits, jangan baper, just kidding.


3. Listen and Sing


Mendengarkan lagu? Lalu menyanyikan lagu? Yakin kegiatan yang begini disebut belajar? Apa banget sih!
Eits, jangan salah loh. Padahal ini adalah cara mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula.

Tahu kah teman-teman bahwa ada 4 tingkatan dalam belajar suatu bahasa, yaitu listening, speaking, reading, writing.

Loh, bukannya itu language skills alias kemampuan berbahasa?

Yup, benar sekali.

Ini menurut pendapat admin loh ya. Jadi, menurut admin sebenarnya sebelum kita mampu berbicara maka kita harus tahu dulu seperti apa pengucapan dari suatu kata-kata terdengar.

(Baca juga : Surat Cinta Untuk Kamu Yang Putus Asa Belajar Bahasa Inggris)

Pernah dengar atau tahu suatu kasus bahwa seseorang yang memiliki keterbatasan sebagai tunawicara itu awalnya karena juga tidak bisa mendengarkan dengan baik?

Nah, hal ini erat kaitannya dengan kemampuan kita untuk berbicara secara aktif dalam bahasa Inggris. Semakin banyak dan sering kita mendengarkan sesuatu maka kita akan semakin mudah untuk mengucapkannya kembali. Tapi dengan catatan loh, kita juga harus paham apa yang kita dengarkan itu.

Sama halnya dengan murid admin yang dibahas tadi, dia paham sekali apa yang admin tanyakan, namun dia hanya mengalami kesulitan dalam memberikan respon dengan baik sehingga hanya sedikit kata-kata saja dalam bahasa Inggris yang mampu dia ucapkan.

Eh tapi kok kalau dipikir-pikir murid admin tadi seperti anak kecil baru belajar bicara ya?

Loh, ya memang begitu. Kita harus berproses layaknya anak-anak yang baru belajar bicara. Nah, karena anak-anak itu awalnya hanya mendengarkan orang-orang sekitarnya yang mengajak bicara, maka admin menyarankan untuk mendengarkan sesuatu dalam bahasa Inggris yang menyenangkan dan tidak rumit untuk dilakukan. Yup, lagu. Lagu bahasa Inggris loh ya.


4. Kesimpulan


Intinya adalah, admin memberitahukan bahwa ada cara lain yang cepat untuk belajar bahasa Inggris. Terutama untuk teman-teman yang jenuh atau merasa kesulitan dengan cara belajar melalui membaca dan menulis mengenai grammar, tenses, essay, dsb.

Cara itu adalah dengan memaksimalkan kemampuan mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Inggris alias listening dan speaking.

Jadi intinya, mendengarkan dan berbicara dulu baru deh membaca dan menulis. Selamat mencoba yah.

Baiklah, sekian dari admin untuk pembahasan hari ini. Jangan lupa untuk share dan ajak teman-teman yang kesulitan dalam memahami pelajaran bahasa Inggris untuk mengikuti terus materi-materi yang akan admin bahas di postingan selanjutnya. Terima kasih.

Oh iya, sebagai catatan, mohon untuk cantumkan link aktif menuju ke artikel atau blog www.englishcounter.id. apabila postingan yang diterbitkan ini digunakan sebagai rujukan. Hal yang sama juga berlaku untuk materi lainnya pada blog ini. Admin akan sangat mengapresiasi hal tersebut.

Selain itu, admin juga berpesan jangan asal copy paste tanpa mencantumkan link aktif karena tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai plagiarisme.

Terima kasih.

Kupas Tuntas Secara Mendalam Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula
  1. Makasih gan artikelnya... saya akan mencobanya!!!

    BalasHapus
  2. Makasih tips nya gan. Emang bener gan lebih enak kalo belajarnya langsung percakapan gitu daribpada harus belajar dari buku terus belajar grammar nya.

    BalasHapus