4 Tips Rahasia Cara Menulis Essay Dalam Bahasa Inggris Yang Baik

Ada begitu banyak pembahasan mengenai cara menulis essay bahasa Inggris namun... 

...tidak semua pembahasan akan memberitahu kalian hal-hal rahasia bagaimana cara menulis essay bahasa Inggris yang baik.

Oleh karena itu saya akan berbagi tips kepada kalian.

 Cara Menulis Essay Bahasa Inggris


1. Kenapa dan untuk apa kita menulis?


Saat menulis essay bahasa Inggris, hal yang sering terlewatkan adalah pada bagian yang mendasar ini. Kita terkadang suka bingung sendiri saat ditanya kenapa sih harus menulis ulasan mengenai sesuatu. 

Terkadang, kita malah tidak punya alasan tertentu kenapa kita harus menulis.

Padahal faktor yang satu ini sangat penting loh agar tulisan jadi bagus dan keren.

Beberapa orang beranggapan bahwa yang penting yah tulis-tulis saja. Yang penting ada topik, ada judul, ada ide pokok, ada kalimat pengembang, dsb.

(Baca juga : Contoh Essay Bahasa Inggris Tentang Teknologi Dampak Buruk Bermain Game)

Menurut saya ya sah-sah saja apabila berpikiran seperti itu, namun alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu alasan kita menulis supaya isi tulisan kita sesuai dengan harapan kita.

Misalnya, untuk pembahasan kali ini, tujuan penulisannya adalah untuk menjelaskan bagaimana membuat tulisan yang bagus, keren dan enak dibaca. 

Maka saya hanya akan membahas faktor-faktor yang membuat bagaimana suatu tulisan itu bagus, keren, dan enak dibaca menurut pandangan admin.

Jika alasan sudah ditemukan dan tujuan dari suatu penulisan itu sudah dimantapkan, maka diharapkan isi tulisan tidak akan melenceng atau out of the topic.

Misalnya begini, jika ada yang meminta ulasan mengenai cara menggoreng tempe yang enak dan crispy maka tidak boleh sekalipun kita menulis mengenai cara memilih tempe yang baik, cara membuat tempe yang baik, dsb...

...meskipun yang dibahas masih berkaitan, yaitu sama-sama tempe.

Paham?


2. Bayangkan apa yang akan kita katakan


Bagi saya, sebenarnya menulis essay bahasa Inggris itu tidak berbeda jauh dengan berbicara.

Hanya bedanya saat berbicara kita cenderung tidak mampu mengontrol apa yang ingin kita katakan dan biasanya...

...apa yang terlintas di pikiran akan langsung kita ucapkan.

Nah, dengan menulis maka kita dapat menyaring kata-kata kita, memperbaiki cara penyampaian kita, dan tentu saja dapat dengan mudah memilih gaya bahasa kita.

Namun menurut saya, poinnya tidak hanya ada di situ...

...melainkan juga pentingnya menyusun logika berpikir kita sehingga orang lain juga bisa paham dengan apa yang ingin kita sampaikan.

Faktor yang satu ini penting juga loh agar tulisan essay bahasa Inggris kita semakin bagus dan keren. Jangan dilewatkan yah.

(Baca juga : Contoh Essay Bahasa Inggris Tentang Kebudayaan Budaya Pergaulan Era Sosial Media)

Contohnya begini deh yang sederhana, kita ingin bilang bahwa seseorang itu baik maka mungkin penyampaiannya akan seperti ini saat berbicara langsung.

A: Eh eh tau ga sih lu si Dudung itu baik banget deh

B: Eh, seriusan? Memangnya dia ngapain?

A: Dia kemarin pagi mau anterin gue ke pasar. Terus siangnya dia traktir gue makan. Eh pas lagi makan tuh yah, kan ada anak kecil ngamen tuh. Duh ya ampun, dia malah ngasih uang banyak loh buat anak kecil itu. Bahkan, dia juga beliin makan loh untuk anak itu. Katanya biar anak itu tetep sehat dan nggak telat makan. Baik banget ga sih hihi.


Sekarang mari kita buat dalam bentuk tulisan mengenai si Dudung.
Dudung adalah orang yang baik. Dia mau menolong saya untuk berbelanja di pasar. Tidak hanya itu, dia juga orang yang sangat memperhatikan orang lain. Ketika hari telah siang, dia membelikan saya makanan. Lalu, saat ada anak kecil pengamen yang menghampiri, dia tidak segan-segan untuk memberikannya uang dan makanan. Saya heran kenapa dia memberikan makanan juga. Dia tampaknya dapat membaca ekspresi saya saat itu. Ternyata kesehatan anak itu merupakan hal yang penting menurut dia sehingga dia juga memberikan makanan. Sungguh, Dudung memang lelaki yang baik.

Bagaimana setelah melihat contoh tulisan di atas, informasinya tetap sama yaitu Dudung orang yang baik bukan?

Tentu saja untuk menggambarkan kebaikan dia, kita juga harus menulis contoh-contoh perbuatannya yang kita anggap sebagai kebaikan.

Poin kebaikan Dudung yaitu dia mau menolong (mengantarkan ke pasar), dia memperhatikan orang lain (mentraktir makan, memberikan uang dan makanan ke pengamen, dan alasannya yaitu demi kesehatan).

See my point? Informasinya sama, namun cara penyampaian yang berbeda.

Nah sekarang lanjut ke faktor penting lainnya agar tulisan kamu semakin bagus dan keren.


3. Gunakan kata-kata yang umum digunakan


Secara terminologi, pemilihan kata disebut diksi atau diction dalam bahasa Inggris. 

Secara umum, dalam hal pemilihan kata untuk menulis essay bahasa Inggris, kita sebaiknya menyesuaikan dengan target pembaca kita dan juga materi apa yang akan kita sampaikan.

Saran saya adalah, jangan sampai menggunakan kata-kata yang sulit dipahami. Faktor ke 3 ini penting loh  dalam menunjang tulisan kita agar semakin bagus dan keren.

Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Tentu saja dengan riset.

Well, kalau menurut pengalaman saya sih, riset yang terbaik adalah dengan cara bergaul dan selalu up to date dengan perubahan jaman.

(Baca juga : Contoh Essay Bahasa Inggris Tentang Pendidikan - Tujuan Berkuliah)

Hal ini berdasarkan teori komunikasi yang admin pelajari. Tidak banyak memang, namun admin rasa sangat bermanfaat.

Teorinya begini, bayangkan ada dua orang yaitu si A dan B.

  1. Si A ingin berkomunikasi dengan si B.
  2. Lalu si A memberikan umpan ke B.
  3. Jika si B memberikan umpan balik maka terjadi proses komunikasi.
  4. Jika si B tidak memberikan umpan balik maka tidak terjadi komunikasi.

Bingung kan? Baiklah, saya beri perumpamaan lain yah.

  1. Ada dua orang sebut saja si Kumbang dan si Bunga.
  2. Si Kumbang ini jatuh cinta dengan si Bunga.
  3. Lalu si Kumbang melakukan sesuatu kepada Bunga.
  4. Jika si Bunga memberikan respon maka proses pedekate menjadi lancar.
  5. Jika si Bunga tidak memberikan respon maka pedekate menjadi terganggu atau bahkan tidak terjadi.

Apa poinnya?

Pada dasarnya orang itu akan memberikan respon apabila dia tahu dan responnya baik apabila dia suka.

Maka saat memilih kata, usahakan untuk menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dan akan memberikan penilaian lebih jika pembaca menyukainya.

Contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah akan lebih baik jika kita menggunakan kata air daripada O2 untuk menyebut air saat berbicara dengan pedagang. Sebut saha pedagang mie ayam.

A: Bang, pedes nih, ada O2 kagak?
B: Itu apaan tong? Gue ga jualan nih yang begituan.
A: Yaelah bang, aer bang!
B: Setdah!! Bilang dong, pan gue bingung!

Kejadian di atas akan berbeda apabila teman-teman menggunakan kata O2 kepada orang yang paham soal kimia.

Sama halnya dengan berbicara, tulisan pun harus menggunakan kata-kata yang mudah dipahami.

Jangan sampai pembaca malah pusing dengan isi tulisan kita.


4. Jadilah orang yang berterima kasih jika dikritik


Dalam menulis essay bahasa Inggris, hal umum yang sering saya temui adalah kemalasan untuk merevisi tulisan dan tidak peduli dengan masukan orang lain.

Menulis essay bahasa Inggris itu adalah menyampaikan apa yang kita pikirkan dalam bentuk tulisan agar orang lain tahu apa yang dipikirkan.

So, saat berbicara saja kita bisa salah paham apalagi saat membaca tulisan yang sulit dibedakan nada bicaranya.

Jangan sampai pemikiran kita tidak tersampaikan dan malah menjadi masalah baru hanya karena kita tidak memperhatikan tulisan kita.

Meredam ego juga merupakan faktor penting supaya tulisan kita menjadi lebih bagus dan keren.

Kenapa?

Karena rasa ego di dalam diri terkadang menghalangi kita untuk menjadi penulis yang baik.

Ya itu karena kita merasa bahwa tulisan kita sudah baik, padahal.....

*Yang sedang revisian skripsi dengan dosen jangan baper ya.

Saran admin adalah, setelah selesai menulis usahakan untuk minta pendapat orang lain mengenai tulisan kita.

Jangan merasa malu.

Jangan merasa gengsi.

Jangan jadi orang yang anti kritik.

Silahkan cari orang yang menurut teman-teman itu cocok untuk menilai suatu tulisan. Mintalah untuk mengoreksi mulai dari isi, tata bahasa, penggunaan tanda baca, dsb.

Kadang isi tulisan itu bagus, tapi tanda baca yang tidak sesuai membuatnya jadi sulit untuk dipahami.

Atau sebaliknya, penggunaan tanda baca sudah baik, tapi isi tulisan tidak bagus. Ya sulit juga kan untuk dipahami?

Kan kalau sudah begitu jangankan keren, tulisan kita mungkin tidak bagus, ya kan?

Akhir kata, terlepas dari teori-teori atau aturan penulisan tertentu, hal-hal di atas merupakan hal-hal mendasar yang saya perhatikan dalam menulis.

Sekian untuk artikel 4 Tips Rahasia Cara Menulis Essay Dalam Bahasa Inggris Yang Baik

4 Tips Rahasia Cara Menulis Essay Dalam Bahasa Inggris Yang Baik