Pembahasan Lengkap Rumus dan Contoh Simple Present Tense

Pembahasan Lengkap Rumus dan Contoh Simple Present Tense - Simple present tense itu adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu hal yang kita nilai bersifat jangka panjang atau permanen.

Jika hal itu berada di masa lampau dan sudah tidak berlaku lagi maka disebut simple past tense, namun jika hal itu masih berlaku di masa sekarang dan masih terus berlaku maka disebut simple present tense.
Pengertian dan Contoh Rumus Grammar Simple Present Tense
Pembahasan Lengkap Rumus dan Contoh Simple Present Tense


1. Penggunaan Simple Present Tense


Dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari ada beberapa situasi yang tepat untuk menggunakan tense ini. Berikut di bawah ini adalah waktu-waktu yang tepat untuk menggunakannya.

1. Simple present tense ini digunakan untuk menyampaikan hal-hal yang merupakan kegiatan atau kejadian yang sering atau biasa dilakukan. Berikut ini adalah contohnya.
  • They go to the lake every week (mereka pergi ke danau setiap minggu). Pada kalimat ini menyatakan bahwa kegiatan pergi ke danau yang dilakukan setiap minggu merupakan suatu hal yang sudah menjadi kebiasan atau sering dilakukan 
  • She does not play dota very often (dia tidak terlalu sering bermain dota). Pada kalimat ini menyatakan bahwa kebiasannya adalah tidak terlalu sering bermain dota. 
  • The volleyball training usually starts at 8.00 every morning (latihan voli biasanya dimulai jam 8 setiap pagi). Pada kalimat ini sudah terlihat bahwa jadwal untuk latihan voli biasanya dimulai setiap jam 8 di pagi hari. 
  • Do you usually have nasi uduk and tahu bulat for breakfast? (apakah kamu biasanya sarapan dengan nasi uduk dan tahu bulat?). Pada pertanyaan ini yang ditanyakan adalah kebiasaan seseorang yang mengonsumsi nasi uduk dan tahu bulat untuk sarapan. 

Baca juga : Pengertian dan Contoh Rumus Grammar Present Continuous Tense

2. Simple present tense ini digunakan untuk menyampaikan hal-hal yang merupakan fakta-fakta. Berikut ini adalah contohnya.
  • We have six children (kami punya lima orang anak). Pada kalimat ini si pembicara menyampaikan informasi bahwa mereka memiliki lima orang anak. 
  • Water freezes at 0° C or 32° F (air membeku pada suhu 0° Celsius or 32° Fahrenheit). Pada kalimat ini si pembicara menyampaikan suatu fakta umum bahwa air membeku pada suhu 0° Celsius or 32° Fahrenheit. 
  • What does this red symbol mean? (apakah arti dari simbol merah ini?). pada kalimat ini si pembicara menanyakan mengenai arti dari suatu simbol berwarna merah yang dia lihat. Faktanya di sini adalah, simbol itu ada. 
  • The Musi river flows through Palembang (sungai Musi mengalir melewati Palembang). Pada kalimat ini si pembicara menyampaikan suatu fakta umum bahwa sungai Musi mengalir melewati Palembang. 

3. Simple present tense ini digunakan untuk menyampaikan hal-hal yang merupakan fakta-fakta di masa yang akan datang, biasanya ditemukan di jadwal, kalender, atau diagram. Berikut ini adalah contohnya.
  1. New Year's Eve falls on a Sunday this year (hari terakhir pada tahun ini jatuh pada hari minggu). Pada kalimat ini si pembicara menyampaikan suatu fakta yang sudah tercatat di kalender bahwa hari terakhir di tahun ini adalah hari minggu. 
  2. The train leaves at 10.00 tomorrow morning (keretanya berangkat jam 10 besok pagi). Pada kalimat ini si pembicara menyampaikan suatu fakta yang sudah tercatat di jadwal keberangkatan bahwa kereta berangkat besok pagi jam 10. 
  3. Does the math class begin at 8 or 9 this saturday? (apakah kelas matematika dimulai jam 8 atau 9 sabtu ini?). Pada kalimat ini si pembicara menanyakan suatu fakta yang sudah tercatat di jadwal mengenai kapan kelas matematika dimulai. 


4. Simple present tense ini digunakan untuk menyampaikan hal-hal yang merupakan pemikiran-pemikiran atau perasaan-perasaan saat kita berbicara. Meskipun perasaan-perasan itu hanya sementara, kita harus menggunakan simple present tense, bukan present continuous tense. Berikut ini adalah contohnya.
  • The A group don't ever agree with B group (grup A selalu tidak setuju dengan grup B). Pada kalimat ini si pembicara menyampaikan penilaiannya mengenai sikap grup A ke grup B. 
  • I think you are right (saya pikir kamu benar). Pada kalimat ini si pembicara menyampaikan penilaiannya mengenai lawan bicaranya. 
  • John doesn't want Jill to do it (John tidak ingin Jill melakukannya). Pada kalimat ini si pembicara menyampaikan sikap si John mengenai Jill. 

2. Rumus Simple Present Tense


Berikut ini adalah rumus simple present tense positive, negative, dan interrogative sentence.
  1. Positive sentence : subject + base verb + keterangan dsb. 
  2. Negative sentence : subject + not + base verb + keterangan dsb. 
  3. Interrogative sentence : be + subject + base verb + keterangan dsb. 

3. Contoh Simple Present Tense


Untuk contoh kalimatnya, berikut saya buat beberapa contoh dari masing masing subjek dengan jenis kalimatnya di bawah ini, yaitu contoh kalimat simple present tense positif negatif dan interogatif.

I subject
  1. I am John. 
  2. I am not vegetarian. 
  3. I eat meat and egg. 
  4. Do I eat vegetables? 
  5. I do not eat vegetables. 
  6. Am I healthy? 

You subject
  1. You are Jimmy. 
  2. You are not vegetarian. 
  3. You eat meat and egg. 
  4. Do you eat vegetables? 
  5. You do not eat vegetables. 
  6. Are you healthy? 

They subject
  1. They are hunters. 
  2. They are not vegetarian. 
  3. They eat meat and egg. 
  4. Do they eat vegetables? 
  5. They do not eat vegetables. 
  6. Are they healthy? 

We subject
  1. We are meat lovers. 
  2. We are not vegetarian. 
  3. We eat meat and egg. 
  4. Do we eat vegetables? 
  5. We do not eat vegetables. 
  6. Are we healthy? 

4. Catatan Khusus Simple Present Tense

Untuk She, He, dan It diberikan tambahan s/es di akhir kata kerja.

She subject
  1. She is Joanna. 
  2. She is not vegetarian. 
  3. She eats meat and egg. 
  4. Does she eat vegetables? 
  5. She does not eat vegetables. 
  6. Is she healthy? 

He subject
  1. He is Morgan. 
  2. He is not vegetarian. 
  3. He eats meat and egg. 
  4. Does he eat vegetables? 
  5. He does not eat vegetables. 
  6. Is he healthy? 

It subject
  1. It is lion. 
  2. Lion is not vegetarian animal. 
  3. Lion eats meat and egg. 
  4. Does lion eat vegetables? 
  5. Lion does not eat vegetables. 
  6. Is lion healthy? 

Baiklah, sekian dari saya untuk pembahasan tentang pengertian, rumus, dan contoh simple present tense. Mohon untuk cantumkan link aktif menuju postingan ini apabila isi artikel di dalamnya digunakan sebagai referensi,.Terima kasih,

Pembahasan Lengkap Rumus dan Contoh Simple Present Tense