Dua Tenses Ini Sulit Dibedakan Penggunaannya, Bagaimana Menurutmu?

Dua Tenses Ini Sulit Dibedakan Penggunaannya, Bagaimana Menurutmu? - Kali ini saya akan membagikan tips kapan harus menggunakan present continuous tense dan kapan harus menggunakan simple present tense saat berkomunikasi.

Well, di antara kalian mungkin masih ada yang suka bingung soal penggunaannya, terutama jika harus menggunakannya di saat yang bersamaan. Apakah bisa? Tentu saja, nanti akan saya berikan contoh-contohnya.

Baiklah, mari kita mulai mengingat kembali mengenai karakteristik masing-masing tense. Simak baik-baik yah penjelasan di bawah ini supaya bisa mudah belajar bahasa Inggris.
waktu penggunaan simple present tense dan present continuous tense
waktu penggunaan simple present tense dan present continuous tense




1. Simple present tense


Tense ini digunakan untuk menyatakan kegiatan dan kejadian yang biasa terjadi. Contohnya nih, Dona plays cricket most weekends. Arti kalimatnya adalah, Dona bermain cricket hampir setiap minggu.

Menyatakan fakta-fakta. Contohnya nih, the sun rises in the east. Arti kalimatnya adalah, matahari terbit dari timur.

Baca juga : Pengertian dan Contoh Rumus Grammar Simple Present Tense

Menyatakan fakta yang terjadi di masa depan. Contohnya we go to party 6.30 PM next Saturday. Arti kalimatnya adalah, kita pergi ke pesta jam 6.30 malam Sabtu depan.

Menyatakan apa yang dipikirkan dan dirasakan saat berbicara. Contohnya nih I am so worry about him. Artinya adalah, saya begitu khawatir mengenai dia.

2. Present continous tense


Menyatakan kegiatan yang dikerjakan saat berbicara. Contohnya nih, sssssstttt I am trying to listen this song. Artinya adalah, ssssstttt saya sedang mencoba untuk mendengarkan lagu ini.

Menyatakan hal-hal yang memang dikerjakan pada saat itu namun tidak selalu dilakukan. Misalnya nih, they are looking for a new member for football team. Artinya adalah mereka sedang mencari anggota baru untuk tim sepakbola.

Baca juga : Pengertian dan Contoh Rumus Grammar Present Continuous Tense

Menyatakan rencana saat ini untuk masa yang akan datang. Misalnya nih, We are having a vacation with them next week. Artinya adalah, kami akan berlibur bersama mereka minggu depan.

3. Membedakan kedua tenses


Setelah mengingat kembali masing masing penggunaan simple present tense dan present continuous tense di atas, kali ini admin akan memberi contoh penggabungan kedua tense untuk memperjelas perbedaannya. Belajar bahasa Inggris mudah kok, simak contoh-contoh dibawah ini.

I do not usually use motorcycle to work but I am driving it this morning because my car is in the garage for repairs.

Arti kalimatnya adalah, saya biasanya tidak menggunakan motor untuk bekerja tapi saya mengendarainya pagi ini karena mobil saya sedang diperbaiki.

Baca juga : Pengertian Should dalam Bahasa Inggris

Pada kalimat "I do not usually use motorcycle to work" kebiasaannya adalah tidak menggunakan motor maka tense yang digunakan adalah simple present tense.

Sementara pada kalimat "I am driving it this morning because my car is in the garage for repairs" menyatakan hal yang biasanya tidak dilakukan yaitu mengendarai motor karena mobilnya sedang diperbaiki, maka tense yang digunakan adalah present continuous tense. Oh iya kata "it" pada kalimat ini menunjukkan kata "motorcycle" pada kalimat sebelumnya.

Di bawah ini adalah contoh-contoh lainnya.

I usually have ketoprak cirebon mas rohmat for dinner but I am having pecel lele this night because there is nothing left from its stall.

Artinya adalah, saya biasanya makan ketoprak cirebon mas rohmat untuk makan malam tapi saya makan pecel lele malam ini karena tidak ada yang tersisa dari warungnya.

Lalu contoh yang lainnya

A : Where are you going?
B : I am going to Bandarlampung
A : Do you live in Bandarlampung?
B : No, my parents live in Bandarlampung and I am just visiting them.


Arti kalimatnya adalah.

A : Kamu mau pergi ke mana?
B : Saya mau pergi ke Bandarlampung
A : Apakah kamu tinggal di Bandarlampung?
B : Tidak, orang tua saya tinggal di Bandarlampung dan saya hanya mengunjungi mereka.

Dari tiga contoh di atas, kita menggunakan present continuous tense untuk membicarakan hal-hal yang bersifat sementara/terbatas waktunya dan simple present tense untuk membicarakan hal-hal yang bersifat kebiasaan/permanen.

Bagaimana? Belajar tenses bahasa Inggris itu mudah kan.

Dua Tenses Ini Sulit Dibedakan Penggunaannya, Bagaimana Menurutmu?
  1. Mas, usul, untuk contoh kalimat bagaimana kalau dicetak miring agar berbeda dari kalimat lainnya? Tenses jadi memusingkan kalau peristiwanya campur-campur, Mas hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak mas atas sarannya :)

      Delete